Review ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

[section_title title=Audio dan Network]

Audio dan Microphone Yang Jernih
Untuk memberikan output suara yang lebih baik, Asus memberikan speaker yang terbuat dari 5 lapis magnet dan desain chamber yang lebih besar agar suara bass yang dihasilkan lebih terasa. Dengan cara ini, tingkat kekerasan naik hingga 41%, frekuensi bawah 14% lebih terasa dan distorsi yang dihasilkan 12% lebih baik dibandingkan speaker smartphone kebanyakan.

21-Speaker

Untuk menyesuaikan keluaran suara dengan kuping pengguna, ASUS Zenfone 2 Laser juga dibekali software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode.

Untuk menghasilkan perekaman yang jernih untuk menelpon ataupun merekam suara secara independen atau saat mengambil video, Asus Zenfone 2 Laser 5.0 juga memiliki microphone dengan teknologi NoiseZero Talk. Fitur ini berfungsi untuk menyaring suara-suara yang tidak diinginkan masuk ke dalam microphone, dan membuat komunikasi suara dengan smartphone ini terasa lebih jernih.

Network
Untuk terhubung ke Internet, Asus Zenfone 2 Laser 5.0 mendukung jaringan 3G quad-band DC-HSPA+ dengan kecepatan hingga 42Mbps di kedua slot GSM yang disediakan. Kamu tidak perlu menukar-nukar kartu yang dipasang di sana, cukup mengubah opsi di menu setting, kartu mana yang akan diaktifkan untuk paket data Internet. Selain itu, tersedianya dua slot SIM juga memungkinkan kamu memisahkan antara nomor untuk pribadi dan mana nomor untuk urusan kuliah, pekerjaan, ataupun organisasi lainnya.

Sama seperti lini produk Asus Zenfone 2 lain, smartphone ini juga menggunakan teknologi yang disebut sebagai Asus Zentenna. Artinya, ia menggunakan dual antenna dan PIFA Antena dengan multiple resonant modes yang membuat gelombang elektromagnetik. Manfaatnya, sinyal yang ditangkap oleh smartphone akan lebih baik dibandingkan dengan smartphone biasa.

Bukan hanya jaringan operator saja yang mendapatkan optimasi di smartphone ini. Sinyal Wi-Fi dan GPS pun juga mendapatkan optimasi yang maksimal untuk kepuasan penggunanya. Dari segi koneksi Wi-Fi, Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG dibekali dengan Super High Performance Dual 3D-MID (Three Dimensional Molded Interconnect Device) yang mampu menangkap sinyal Wi-Fi lebih baik dibandingkan dengan smartphone umumnya.

Dari segi navigasi, Zenfone 2 Laser sudah menggunakan 3 buah modul GPS yang terdiri dari GPS (US Global Positioning System), GLONASS (Russia Global Navigation Satellite System) dan BDS (BeiDou Navigation Satellite System) yang bisa mendapatkan akurasi yang lebih akurat dibandingkan dengan smartphone high end sekalipun.

Kecepatan Zenfone 2 Laser dalam mengunci TTFS (Time to first fix) lokasi menggunakan GPS bisa mencapai 32 detik saja, sedangkan smartphone high end lain rata-rata berada di angka 35 hingga 52 detik.

Terakhir, soal jaringan operator, Zenfone mendukung frekuensi yang cukup luas pada nilai 850/900/1900/2100 MHz. Dengan demikian, saat pengguna ASUS Zenfone 2 Laser bepergian ke luar negeri, mereka tidak perlu repot-repot mencari kartu GSM lokal yang cocok digunakan dengan smartphone mereka.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.