Review ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG

[section_title title=PixelMaster Camera]

PixelMaster Camera 2.0
ASUS Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG merupakan smartphone pertama di kelasnya yang memiliki kamera resolusi 13MP di bagian belakang dan sudah dilengkapi dengan fitur Laser Auto-Focus. Kamera belakang ini juga dilengkapi dual-LED real tone flash dan sebuah kamera 5 megapixel di depan.

Dengan lensa Toshiba dengan bukaan f/2.0 yang digunakan, smartphone ini akan mampu menangkap gambar dengan cepat serta mengambil foto dengan detail, saturasi dan level kontras yang sangat baik pada kondisi day-light. Kombinasi hardware dan software yang ada membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Modus pengambilan foto yang disediakan juga sangat lengkap. Secara total, ada 18 modus pemotretan yang disediakan. Dua modus terbaru yang tersedia pada ASUS PixelMaster Camera 2.0 adalah Slow Motion dan Time Lapse.

12-Camera

Pengalaman memotret dengan kamera DSLR juga bisa didapat pada Zenfone 2 Laser 5.0 dengan memanfaatkan Manual Mode. Adapun pengaturan manual yang bisa dipilih mulai dari level horizontal, histogram chart, emotional zoom, shutter speed, white balance, ISO, exposure value, focus distance, saturation, contract, sharpness, noise reduction, metering, autofocus yang terpisah dan juga titik-titik auto exposure.

13-Manual

Pada kamera belakang, ASUS membenamkan teknologi laser auto focus yang menawarkan kejelasan fokus yang cepat. Sinar laser infra merah yang dipancarkan mampu mengukur jarak dengan kecepatan tinggi. ASUS mengklaim bahwa fokus akan didapat hampir secara instan, hingga 0,2 detik setelah shutter ditekan.

14-Laser

Dibandingkan dengan fokus berbasis kontras tradisional, Zenfone 2 Laser dua kali lebih cepat dalam menemukan fokus. Laser infra merah akan menghitung jarak kamera terhadap objek yang lebih akurat dan lensa akan mempercepat pengaturan posisi untuk mendapatkan gambar terbaik.

Adapun fokus biasa (yakni Phase Detection Auto Focus) perlu mendeteksi ketajaman foto secara frame by frame. Akhirnya lensa perlu berpindah-pindah mencari posisi yang tepat dan pada akhirnya memperlambat penemuan fokus objek. Silakan simak video berikut kalau kamu ingin melihat perbandingan antara laser auto focus pada Zenfone 2 Laser dengan Phase Detection Auto Focus yang digunakan pada iPhone 6 Plus.

https://www.youtube.com/watch?v=fGeVBJ8BQCA&feature=youtu.be

Laser Auto Focus pada smartphone ini juga bermanfaat buat kamu yang gemar fotografi jarak dekat. Ia juga bermanfaat saat akan mengambil foto di ruangan dengan pencahayaan kurang ataupun saat malam hari.

Selain itu, fitur sentuh ZenMotion gesture, yakni dengan menuliskan huruf C dengan jari saat smartphone dalam kondisi idle akan mengaktifkan aplikasi kamera. Nah, di sini, fitur laser auto focus yang mampu menemukan fokus dalam waktu hingga 0,2 detik, akan mempercepat proses pengambilan foto. Artinya, kamu tidak akan kehilangan momen yang terlintas sangat cepat itu.

Untuk mendapatkan hasil jepretan yang lebih baik, sejumlah produsen smartphone menempatkan LED flash. Namun demikian, biasanya hasilnya terlalu silau, over contrast. Asus telah mengoptimalkan LED flash pada Zenfone 2 termasuk seri Laser dengan menggunakan Dual Color Real Tone Flash. Metode ini menggunakan pencahayaan dari LED berwarna kuning dan putih, tidak seperti flash berwarna putih yang biasa digunakan pada smartphone pada umumnya.

Ingin foto dengan detail dan ketajaman tinggi? Silakan coba modus Super Resolution. Pada fitur ini, kamu bisa mengoptimalkan kemampuan kamera Asus PixelMaster dengan cara menggabungkan empat gambar menjadi satu hingga menghasilkan foto dengan kualitas hampir 32MP. Pada kondisi pencahayaan baik, lebih banyak detail akan terlihat. Sementara dalam kondisi redup, noise level bisa direduksi.

Berikut ini beberapa hasil foto menggunakan Zenfone 2 Laser 5.0 ZE500KG:

15-P_20151012_170149_HDR
Meski memotret matahari, namun kita masih dapat melihat dinding gedung dengan jelas (HDR Mode)
16-P_20151012_165834_PN
Panorama Mode
17-P_20151012_170405_DF
Gedung dan latar belakang objek dapat dibuat menjadi kabur (Depth of Field Mode)
18-P_20151013_143022_MT
Miniature Mode
20-P_20151013_142433
Foto dalam ruangan berpencahayaan kurang, tanpa flash (Auto Mode)
19-P_20151013_142447_LL
Foto dalam ruangan berpencahayaan kurang, tanpa flash (Low Light Mode)

Dari sisi perekaman video, kamu juga akan mendapatkan kemampuan perekaman video yang cukup mumpuni di Asus Zenfone 2 Laser 5.0. Kamu bisa merekam dengan resolusi maksimal FullHD 1920 x 1080. Dan yang menarik, ia juga sudah dilengkapi dengan video stabilization yang bisa membantu perekaman video menjadi lebih stabil.

Asyiknya lagi, saat kita merekam video, laser autofocus dari smartphone ini tetap bekerja sebagaimana saat mengambil foto. Artinya, jika kamu menggunakan smartphone ini untuk merekam video, kamu tidak perlu khawatir fokus dari gambar video akan kabur, karena laser auto focus akan bekerja dengan cepat untuk menemukan kembali fokus tersebut.

Dipa

Penulis pemula yang ingin memahami seluk beluk dunia IT dan gadget.