Tiga Keunikan Pengguna Twitter di Indonesia

Managing Director Twitter untuk Asia Tenggara, India, Timur Tengah dan Afrika Utara Parminder Singh
Managing Director Twitter untuk Asia Tenggara, India, Timur Tengah dan Afrika Utara Parminder Singh

JAKARTA, PCplus – Microblog yang satu ini — Twitter – sangat populer di tanah air. Kendati hanya membolehkan posting sebanyak 140 karakter, Twiiter tidak membuat penggunanya enggan bersosialisasi. Justru ‘keterbatasan’ karakter itu biasanya disiasati dengan berbagai cara.

Pengguna Twitter di Indonesia, kata Parminder Singh (Managing Director, Southeast Asia, India, Middle East & North Asia, Twitter) dalam jumpa pers di Jakarta (1/9/2015), unik, berbeda dengan pengguna di negara-negara lain. Apa sih maksudnya?

Begini, pengguna Twitter asal Indonesia mempunyai jiwa wirausaha (enterpreneurial). Apa pun bisa dimanfaatkan dan dibagikan. “Bukan hanya untuk momen-momen besar, tapi juga untuk mengekspresikan apa yang penting bagi orang lain,” terang Parminder Singh yang akrab dipanggil Parry.

Parry mencontohkan bagaimana informasi lalu lintas terkini, real time, bisa diperoleh dari posting apra pengguna Twitter. Informasi tentang potensi banjir pun, kata Parry, dengan cepat tersebar di Twitter.

“Twitter menjadi social soundtrack kehidupan sehari-hari pengguna di Indonesia, mulai dari mendapatkan informasi real time, terhubung dengan pengguna lain, sampai mengekspresikan pandangan mereka terhadap apa yang sedang terjadi saat ini,” tambah Roy Simangunsong (Country Business Head, Twitter Indonesia).

Sifat unik kedua dari para pengguna Twiiter di tanah air, sebut Parry, adalah memiliki rasa keterlibatan yang sangat besar. “Bisa dilihat dari kicauan Ramadhan di seluruh dunia. Dari 8,4 miliar, 20%-nya berasal dari Indonesia,” jelas lelaki yang pernah menjabat sebagai Managing Director Asia Pacific di Google itu. Contoh lain adalah kicauan terkait dengan perayaan hari kemerdekaan RI ke-70 yang baru lalu. Pada 17 Agustus lalu, ungkap Parry, tercatat ada 440 ribu kicauan dengan tagar #RI70

Selain berjiwa wirausaha dan punya rasa keterlibatan yang sangat besar, menurut Parry, pengguna Twitter asal Indonesia juga sangat ekspresif. “Mereka juga suka berekspresi menggunakan video. Empat puluh persen dari pengguna mem-posting video dalam kurun waktu 3 bulan. Video populer. Pengguna juga suka membuat videonya sendiri,” urai Parry.

Parry berharap ada peningkatan bandwidth di tanah air sehingga Twitter akan bisa lebih populer lagi di tanah air. Saat ini di seluruh dunia ada 316 juta pengguna aktif Twiitter dengan 500 juta pengunjung unik per bulannya dan lebih dari 1 miliar perangkat terhubung dengan MoPub yang belum lama diakuisisi Twitter.

Wiwiek Juwono

Senior Editor di InfoKomputer dan PCplus. Memiliki spesialisasi di penulisan fitur, berita, serta pengujian gadget dan asesori komputer