Nyamankan Nasabah, Bank Commonwealth Luncurkan Kantor Cabang Digital

Jakarta, PCplus. PT Bank Commonwealth (Bank Commonwealth) secara resmi meluncurkan Digital Branch, sebuah pengalaman perbankan digital menyeluruh yang diklaim praktis dan nyaman. Kehadiran Digital Branch menurut Bank Commonwealth merefleksikan misinya untuk menjadi pemimpin pasar dalam hal penyediaan solusi finansial digital bagi nasabah retail dan SME-nya.

“Kunjungan ke cabang sering kali dinilai sebagai hal yang memakan waktu dan nasabah kerap harus mengantri panjang di cabang. Teknologi terbaru yang diusung Digital Branch Bank Commonwealth menawarkan pengalaman nasabah yang lebih nyaman, mudah dan cepat,” ujar Lauren Sulistiawati (Presiden Direktur Bank Commonwealth).

Lauren menambahkan bahwa layanan perbankan di Digital Branch Bank Commonwealth memberikan customer experience yang berbeda dibandingkan dengan perbankan tradisional. Semua menurut Lauren dikemas berdasarkan digital journey dan experience end-to-end dari proses konsultasi perbankan/advisory, desain kantor cabang (branch design), serta pelayanan staf di kantor cabang (branch staff service).

Menurut Bank Commonwealth, Digital Branch Bank Commonwealth memberikan setidaknya tujuh pengalaman perbankan berbeda bagi nasabah. Di antaranya adalah pembukaan rekening end-to-end dalam waktu sepuluh menit, tersedianya self-service digital experience, proses yang berlangsung tanpa kertas (paperless), hingga petugas bank yang mobile (tidak duduk di belakang meja).

“Digital Branch Bank Commonwealth juga akan dijadikan tempat memperkenalkan layanan digital kami, yang akan membantu nasabah untuk bisa menggunakan berbagai fungsi digital banking yang bisa dilakukan nasabah tanpa harus datang ke cabang,” jelas Lauren.

Rustini Dewi (Direktur Retail Banking Bank Commonwealth) menambahkan bahwa Digital Branch tidak hanya mengusung sisi teknologi. “Digital Branch juga mengutamakan kenyamanan nasabah dari aspek lokasi dan desain tata ruang. Cabang-cabang ini dirancang dengan konsep ruang terbuka, seamless, dan modern. Lokasinya pun berada di area-area yang mudah dijangkau oleh Nasabah,” jelas Dewi.

Dewi menambahkan bahwa selain bernuansa modern, Digital Branch juga memperhatikan pentingnya kenyamanan serta ambience dengan desain yang kental nuansa Indonesia seperti interior dari rotan dan motif batik atau tenun dalam desain tata ruangnya. “Nuansa Nusantara ini hadir mengimbangi nuansa dinamis dan praktis digital banking, sehingga membuat suasana di cabang lebih nyaman,” kata Dewi.

Bank Commonwealth menyatakan, ada tujuh keunikan yang ditawarkan Digital Branch, yakni:

  1. Pembukaan rekening dalam waktu sepuluh menit via Tyme Digital Kiosk. Menurut Bank Commonwealth, dengan mudah dan cepatnya proses pembukaan rekening ini (termasuk aktivasi kartu ATM serta internet banking dan mobile banking), para nasabah tak perlu lagi mengantre maupun bolak-balik ke cabang lagi.
  2. Area self-service digital experience. Bank Commonwealth menyatakan nasabah dapat mencari informasi produk dan layanan Bank Commonwealth serta mengakses internet dan mobile banking Bank melalui komputer tablet yang disediakan secara mandiri.
  3. Pendekatan personal dan interaktif. Untuk membuat nasabah merasa nyaman, Bank Commonwealth menyatakan petugas Bank Commonwealth akan melayani nasabah secara personal dan interaktif.
  4. Green Banking melalui e-form dan e-brochure. Menurut Bank Commonwealth, formulir maupun brosur cetak telah ditransformasi menjadi e-form maupun e-brosur.
  5. Petugas Bank yang bersifat mobile. Bank Commonwealth mengklaim merupakan pionir yang memperkenalkan konsep mobile bagi petugas bank di cabang. Setiap petugas bergerak dengan dinamis melayani para nasabah, tidak hanya di gerai customer service atau teller, namun juga di area layanan digital lainnya.
  6. Tempat bertemu yang nyaman bagi nasabah. Dengan tampilan ala kafe, Bank Commonwealth menyatakan nasabah dapat melakukan diskusi, konsultasi serta pertemuan dengan petugas bank, maupun menghadiri berbagai event yang diadakan oleh Bank Commonwealth dengan/atau partner.
  7. Informasi yang terkini. Bank Commonwealth menambahkan bahwa nasabah dapat memperkaya wawasannya terkait informasi perbankan terbaru melalui video wall yang tersedia, termasuk nilai tukar valuta asing terkini.

Bank Commonwealth menyatakan bahwa saat ini Digital Branch Bank Commonwealth telah beroperasi di tiga lokasi, yaitu di WTC 6 Sudirman, Kensington Kelapa Gading, serta Pantai Indah Kapuk. Di tahun 2018, Digital Branch akan dibangun di kota Bandung dan Surabaya.

Bank Commonwealth telah menambahkan telah meluncurkan salah satu tonggak penting yang menunjukkan komitmennya dalam transformasi digital pada 2 Agustus lalu dalam bentuk Tyme Digital Kiosk. Menurut Bank Commonwealth, Tyme Digital Kiosk merupakan pionir perbankan digital yang memungkinkan calon nasabah membuka rekening bank dalam waktu sepuluh menit saja.

Menurut Bank Commonwealth, hingga kini, Tyme Digital Kiosk telah hadir di tiga puluh lokasi di Jabodetabek. Bank Commonwealth menyatakan bahwa Tyme Digital Kiosk telah mendapatkan MURI Awards sebagai platform pembukaan rekening pertama di Indonesia yang dilakukan secara digital end-to-end termasuk aktivasi kartu ATM, internet banking dan mobile banking dalam waktu sepuluh menit saja.

Exit mobile version