Saturday, March 2, 2024
Blog

Era Digital, Pergi Wisata ke Jogja dan Semarang dalam Satu Hari? Siapa Takut!

Jogja dan Semarang merupakan dua kota wisata yang saling berjauhan. Dilihat dari letak geografisnya, kedua wilayah tersebut berada di ujung Selatan dan ujung Utara pulau Jawa. Tapi, mungkin nggak sih pergi wisata ke dua tempat tersebut dalam satu hari sekaligus?

Apa sih yang tidak mungkin di dunia ini? Jawabannya tentu saja mungkin. Terlebih di era digital ini, kamu bisa pergi berwisata di Jogja dan Semarang dalam satu hari yang sama dengan bantuan tiket travel ajaib dari Traveloka. Gimana caranya? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya!

Wisata Pagi dan Siang di Jogja

Asumsikan Kamu sedang berada di Jogja pada pagi harinya. Setelah bangun tidur dan mempersiapkan diri, Kamu bisa sarapan pagi di hotel atau penginapan terlebih dahulu. Setelah itu, cobalah mengunjungi beberapa lokasi wisata berikut ini. 

Kraton Yogyakarta

Jauh-jauh ke Jogja tapi gak pergi ke istana milik Sultan? Jangan sampai menyesal, ya. Buat Kamu pencinta sejarah, wisata Kraton Yogyakarta tentu saja menjadi wisata wajib ketika pergi berlibur di kota ini. 

Kamu bisa belajar mengenai sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta dengan menjelajahi berbagai titik di Kraton Yogyakarta tersebut. Jika ingin tahu lebih dalam, Kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu wisata untuk memberikan penjelasan mengenai area Kraton.

Istana Sultan ini dibuka untuk umum sejak pukul 08.30-13.00 WIB setiap hari, dan 08.30-11.00 WIB khusus pada hari Jumat. Dengan harga tiket Rp5.000 saja, Kamu sudah bisa berjalan-jalan menikmati suasana Kraton di pagi hari. Menarik, bukan?

Taman Sari

Puas mengelilingi istana Sultan yang megah, Kamu bisa melanjutkan wisata pagi menuju siang ke tempat pemandian pribadi Sultan dan para permaisurinya pada masa lalu. Ya, benar. Kamu bisa datang ke objek wisata bernama Taman Sari.

tamansari

Berjarak sekitar 2 kilometer dari Kraton Yogyakarta, Kamu bisa pergi ke Taman Sari menggunakan ojek online untuk mempersingkat waktu. Wisata ini buka pada pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga tiket masuk yang sama, yakni Rp5.000 saja.

Di Taman Sari, Kamu bisa menemukan tempat mandi sultan dan keluarganya, yakni Umbul Pamuncar, Umbul Panguras dan Umbul Kawitan. Selain itu, ada juga masjid bawah tanah yang memiliki arsitektur menawan dan banyak spot lain untuk berfoto instagramable. Jangan lupa mengabadikan momen liburan kamu ke dunia maya.

Bale Raos – The Sultan’s Dishes

Sebelum melanjutkan perjalanan wisata ke Semarang, sediakan waktu untuk ishoma selama kurang lebih 1 jam. Jangan lupa mengisi perut dengan hidangan kesukaan para Sultan di Bale Raos – The Sultan’s Dishes. 

wisata jogja semarang

Restoran ini menyajikan masakan klasik Jawa dengan pilihan menu yang beragam. Salah satu menu andalan restoran ini sekaligus menu khas Kraton adalah Gecok Ganem, yakni cacahan daging yang dimasak dengan santan dan ditambah dengan belimbing wuluh.  

Wisata Sore dan Malam di Semarang

Selepas memanjakan perut dengan menu khas Kraton Yogyakarta, kini saatnya berpindah tempat menuju ke Utara. Sebelum membahas detail perjalanan menggunakan travel, Kamu bisa menyimak beberapa wisata sore hingga malam yang ada di Semarang berikut ini.

Kota Lama Semarang

Setibanya di Semarang, Kamu bisa langsung menuju ke wisata Kota Lama menggunakan ojek online ataupun transportasi umum lainnya. Kamu bisa menikmati indahnya bangunan klasik sambil berjalan kaki dan sesekali duduk di bangku yang sudah disediakan. 

Bagi Kamu pecinta foto, wisata Kota Lama adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan hasil foto yang keren. Setiap sudut lokasi wisata ini menawarkan keindahan yang sangat menarik. Apalagi dengan tiket masuk yang gratis, Kamu bisa sepuasnya memotret apapun. 

Kampung Pecinan Semarang

Berada tidak jauh dari wisata Kota Lama, Kamu juga bisa mengunjungi Kampung Pecinan Semarang atau dikenal dengan Kampung Semawis. Pasar malam yang buka dari jam 6 sore hingga jam 11 malam ini akan memanjakan lidahmu dengan berbagai kuliner yang ada.

Di wisata kuliner Semawis ini, Kamu bisa menemukan berbagai menu seperti nasi pecel, nasi pindang, babat gongso, aneka nasi goreng dan bakmi jowo, hingga makanan khas Chinese yang berbahan dasar daging babi. 

Tidak hanya makanan, disana juga banyak pedagang yang menjajakan aksesoris, pakaian, mainan, hingga jasa pijat tradisional. Setelah puas berkeliling, Kamu bisa menuju hotel yang sebelumnya sudah dipesan melalui aplikasi Traveloka.

Gunakan Travel dari Traveloka untuk Liburan Seru

Penasaran kan bagaimana bisa liburan di dua kota dalam satu hari sekaligus? Nah, jawabannya adalah menggunakan travel Jogja-Semarang yang dipesan melalui aplikasi Traveloka.

Kamu bisa memilih tiket travel dengan estimasi waktu tempuh tercepat, yakni 2 jam saja. Jika awalnya Kamu berangkat dari Jogja sekitar jam 1 siang, maka jam 3 sore Kamu sudah bisa menginjakkan kaki di Semarang dan mulai berwisata pada sore hingga malam harinya. Menarik bukan kemudahan yang ditawarkan teknologi digital milik Traveloka?

Ada banyak armada travel yang bisa Kamu gunakan, seperti DayTrans, Sabila Shuttle, Kencana Travel, dan Joglosemar. Dengan waktu keberangkatan yang ada setiap jam, Kamu bisa menentukan jadwal travel sesuai keinginan dan kebutuhan.

Jangan ragu-ragu. Yuk, gunakan travel dari Traveloka untuk buat liburanmu semakin seru! 

Priyo Harjiyono

Blogger Jogja yang suka melanglang buana di dunia maya. Temukan cerita menariknya di anotherorion.com

Komentar kamu