Bidik Inovasi Produk, Intel Kembangkan Ekosistem AI

Jakarta, PCplus. Intel baru-baru ini memaparkan pandangannya terkait kecerdasan buatan (AI/artificial intelligence). Intel menyatakan memiliki dua pandangan, yakni pragmatis dan optimis. Keduanya menurut Intel memiliki pandangan yang baik akan pengaruh kecerdasan buatan di masyarakat, pekerjaan, dan kehidupan keseharian.

Tak hanya itu, menurut Intel, hal ini juga akan memberikan pengaruh yang signifikan pada industri dan revolusi teknologi PC. Intel menyatakan percaya bahwa kecerdasan buatan akan membawa peluang baru yang signifikan untuk mengubah bisnis, mulai dari retail, kesehatan sampai manufaktur, dan berdampak positif di kalangan masyarakat.

“Kecerdasan Buatan akan membuat yang tidak mungkin terjadi menjadi kenyataan, seperti memajukan penelitian tentang kanker, penyakit Parkinson, kelainan otak, membantu pencarian anak hilang, dan memajukan upaya ilmiah dalam perubahan iklim, eksplorasi luar angkasa serta penelitian terkait kelautan,” ujar Brian Krzanich (Chief Executive Officer Intel Corporation).

Brian mengatakan bahwa untuk mendorong inovasi pada kecerdasan buatan, Intel membuat investasi strategis yang mencakup teknologi, riset, dan pengembangan, serta menjalin kerja sama dengan perusahaan, pemerintah, akademisi dan kelompok masyarakat.

Dalam pandangannya, Brian menyatakan bahwa Intel akan menjadi pilihan untuk platform kecerdasan buatan yang akan menawarkan kinerja yang andal, keamanan dan integrasi. Intel juga menyatakan berkomitmen penuh untuk menciptakan roadmap produk yang dioptimalkan untuk mendukung kinerja kecerdasan buatan.

Solusi kecerdasan buatan menurut Intel akan membutuhkan kinerja dan daya yang sangat besar untuk memenuhi kebutuhan aplikasi. Intel menyatakan memiliki pilihan terbanyak bagi pelanggan yang akan memudahkan prosesnya.

Intel menambahkan bahwa untuk mendukung banyaknya beban kerja kecerdasan buatan di masa depan, sebuah perusahaan membutuhkan optimalisasi infrastruktur dan fleksibilitas sehingga fungsi kecerdasan buatan mampu berjalan bersamaan dengan beban kerja perusahaan yang krusial.

Menurut Intel, beberapa produk yang termasuk portofolio kecerdasan buatan Intel Nervana antara lain, Intel Xeon Scable family (menyediakan prosesor scalable untuk mengembangkan daya beban AI dan silikon untuk pelatihan deep learning dengan nama kode “Lake Crest”), Intel Mobileye (teknologi visual untuk penggunaan khusus seperti keamanan aktif dan autonomous driving), Intel FPGAs (akselerator yang dapat diprogram untuk deep learning), serta Intel Movidius (teknologi visual berdaya rendah yang menyediakan machine learning).

Exit mobile version